flek paru pada anak

Tanda Flek Pada Anak

Karena sistem imun yang masih lemah, menjadikan anak mudah terserang berbagai macam penyakit, salah satunya adalah flek. Iya, penyakit yang sering dikaitkan dengan istilah tuberkolosis ini menyerang sistem pernafasan pada manusia, yaitu paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama Mycobacterium Tuberculosis dan meninggalkan noda pada paru-paru yang menganggu sistem pernafasan pada anak.

Ciri Umum Flek Pada Anak

Meskipun bukan penyakit kronis, namun jika tidak di tangani dengan cepat dan tepat, maka kemungkinan besar anak anda dapat mengalami permasalahan pernafasan yang serius. Oleh karena itu, sebelum anda melakukan pengobatan secara intensif kepada anak, terlebih dahulu anda harus mengetahui ciri umum flek pada anak. Salah satunya adalah malaise, batuk dan demam.

  1. Malaise

Malaise merupakan sebuah kondisi dimana tubuh terasa lemah dan tidak bertenaga, sehingga dalam melakukan aktivitas sehari-hari yang dirasakan hanyalah rasa lelah yang berkepanjangan. Hal tersebut menjadi ciri pertama anak anda mengalami flek pada paru-parunya. Satu hal yang sangat terlihat ketika anak anda mempunyai gejala malaise adalah wajahnya yang lesu dan tidak antusias saat mengerjakan sesuatu.

  1. Batuk

Ketika seseorang mengalami batuk, penyakit ini hanya berlangsung hingga satu minggu saja. Namun hal tersebut berbeda ketika anak anda mengalami flek di paru-paru. Penyakit yang disebabkan oleh iritasi pada saluran pernafasan, mulai dari kerongkongan hingga paru-paru ini dapat berlangsung hingga lebih dari tiga minggu pada anak, sehingga anda harus mewaspadainya jika hal tersebut terus berlanjut.

  1. Demam

Saat tubuh berusaha untuk melawan berbagai macam bakteri dan virus yang menyerang sistem imun, hal tersebut mengakibatkan suhu tubuh dapat meningkat dan melewati batas normal, sehingga terjadilah demam pada tubuh. Pada penderita flek paru-paru, suhu tubuh anak dapat mencapai 39 hingga 40 derajat celcius. Tidak hanya itu, demam yang di alami oleh anak disertai dengan keluarnya keringat yang berlebihan.

Pengobatan Pada Penderita Flek Paru-Paru

Setelah anda mengetahui ciri-ciri umum seorang anak mengalami penyakit flek paru-paru, langkah selanjutnya adalah menentukan pengobatan yang tepat untuk anak. Selain melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan apakah anak anda mengalami flek di paru-parunya atau tidak, memperhatikan asupan nutrisi juga mampu mengobati penyakit ini secara perlahan. Berikan asupan makanan yang mengandung kabohidrat, protein serta lemak.

  1. Kabohidrat

Kabohidrat merupakan kandungan glukosa alami pada makanan yang berguna sebagai bahan bakar tubuh. Berbagai macam makanan berkabohidrat mulai dari ubi, kentang, singkong hingga nasi.

  1. Protein

Untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, mengonsumsi asupan protein yang tinggi sangat membantu tubuh dalam meregenerasi, khususnya pada penderita flek paru-paru. Contohnya saja seperti telur, susu dan keju.

  1. Lemak

Fungsi mengonsumsi lemak sendiri adalah untuk menciptakan sebuah lapisan tipis bernama membran yang mengikat protein dan kabohidrat pada tubuh, sehingga kinerja tubuh dapat berfungsi dengan baik. Makanan yang mengandung lemak adalah kacang-kacangan, ikan dan alpukat.

Mulai dari sekarang, perhatikan kesehatan anak anda sebelum penyakit flek menyerang paru-paru buah hati anda. Karena penting sekali menjaga kesehatan anak agar tidak mudah terserah penyakit terutama penyakit flek paru-paru.