Milestone Anak Sampai 5 Tahun

Ketika orang tua sudah mempunyai buah hati, segala hal yang terkait dengan sang anak akan diperhatikan, baik dari segi fisik ataupun psikis. Segala upaya dan usaha dikerahkan supaya anak mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Maka dari itu, istilah milestone digunakan sebagai acuan orang tua dalam memantau perkembangan anak dari tahun ke tahun.

Pentingnya Memahami Milestone pada Anak

Untuk mempermudah anda sebagai orang tua dalam memantau sejauh mana anak telah bertumbuh dan berkembang, memahami milestone secara seksama juga wajib anda lakukan. Hal tersebut dikarenakan pada milestone sendiri tercantum berbagai macam informasi yang disesuaikan dengan usia buah hati anda. Mulai dari pertumbuhan fisik hingga perkembangan daya pikirnya.

  1. Pertumbuhan Fisik

Pertumbuhan fisik yang paling terlihat dari seorang anak adalah bertambahnya bobot tubuh. Tidak hanya itu, pemahaman tumbuh kembang anak menggunakan milestone sendiri dapat mengantisipasi anda dalam menemukan berbagai macam kendala yang bisa saja terjadi di tubuh anak. Misalnya saja kesulitan untuk merangkak atau tengkurap pada usia yang seharusnya sudah dapat melakukan hal tersebut dengan mudah.

  1. Perkembangan Daya Pikir

Perkembangan daya pikir pada anak meliputi bagaimana cara merespon suatu hal yang diarahkan kepada dirinya. Misalnya saja anda sedang memberikan suapan makanan yang mengarah ke mulut anak. Jika perkembangan daya pikir anak berfungsi dengan semestinya, maka secara langsung anak langsung memahami apa yang harus dilakukan, yaitu membuka mulut dan mengunyah makanan tersebut.

  1. Menyesuaikan Pertumbuhan dan Perkembangan Sesuai Usia Anak

Setiap anak mempunyai keunikannya masing-masing, termasuk dalam cara tumbuh dan berkembang, ada yang memakan waktu yang cepat hingga lambat. Jika anda merasa pertumbuhan anak anda tidak sesuai dengan umurnya, maka penggunaan milestone sendiri dapat menjadi acuan anda dalam memperbaiki hal yang harus dikembangkan pada diri anak.

Tahapan Milestone Umum pada Anak

Jika membahas tahapan-tahapan milestone pada anak, anda akan menemukan berbagai macam hal yang menyangkut perkembangan sang buah hati dari waktu ke waktu secara detail. Supaya tidak menyulitkan anda dalam memahami tahapan milestone, berikut ini terdapat tiga indikator utama yang dapat anda jadikan sebuah acuan, yaitu kemampuan sosial, mental serta kemampuan fisik.

  1. Kemampuan Sosial

Kemampuan sosial meliputi sejauh mana anak anda dapat berinteraksi dengan orang lain. Mulai dari berbicara, mengekspresikan perasaannya, hingga melakukan aktivitas bersama seperti bermain di taman.

  1. Mental

Mental anak juga perlu anda perhatikan sejak usia dini. Hal tersebut ditandai dengan bagaimana anak mampu menunjukan emosinya dengan baik. Seperti misalnya tertawa ketika bahagia, menangis ketika bersedih hingga mengeluarkan ekspresi marah ketika orang lain menyakiti hatinya.

  1. Kemampuan Fisik

Mulai dari berdiri, menggenggam, melempar, menarik hingga mendorong, hal tersebut menjadi acuan perkembangan fisik anak anda dalam melakukan berbagai macam aktivitas yang melibatkan motorik halus maupun kasar.

Penting sekali untuk anda sebagai orangtua memahami milestone pada anak agar dapat mengetahui tumbah kembang anak. Setelah anda mengetahui mengenai perkembangan milestone pada anak, semoga mampu menambah informasi mengenai pertumbuhan anak yang lebih baik untuk kedepannya.