mimisan pada anak

Mengenal Penyebab Mimisan Pada Anak

Banyak orang tua yang mengira bahwa penyebab mimisan pada anak karena hal yang terbilang serius atau membahayakan. Namun, ternyata semua anggapan tersebut belum tentu benar karena ada faktor lain yang bisa menyebabkan terjadinya mimisan. Seperti apa saja penyebabnya? Akan kita cari tahu bersama dalam pembahasan artikel di bawah ini. Ibu wajib baca karena ibu wajib tahu segala sesuatu tentang anaknya.

Tapi, secara umum mimisan konon kerap terjadi pada anak-anak dengan rentang usia antara 3 sampai dengan 10 tahun. Penyebab umumnya sendiri tidak bisa dihindari karena lapisan pembuluh darah pada anak dengan rentang usia sebesar itu terbilang sangat rentan dan juga tipis. Agar ibu tidak terlalu khawatir namun bisa segera cepat tanggap, yuk sama-sama cari tahu apa saja penyebab mimisan pada anak.

Faktor Mimisan Yang Berhubungan Dengan Hidung

Faktor perubahan cuaca yang drastis ternyata menjadi penyebab utama anak mengalami mimisan karena tidak sanggupnya badan menerima kondisi yang berubah-ubah. Terutama ketika anak merasa tidak enak badan sebab tiba-tiba diserang flu, kondisi hidung otomatis tidak akan terasa nyaman. Di sini anak biasanya menggosok hidung secara berlebihan sehingga terjadilah mimisan pada anak tersebut.

Kebiasaan membersihkan hidung memang baik, agar anak sendiri tahu bahwa bagian tubuhnya harus dibersihkan detail. Tapi, kadang kala kebiasaan membersihkan yang notabene mengorek hidung ini membawa banyak dampak pada anak. Akibatnya anak jadi terbiasa mengupil dan bahkan kalau tidak terkontrol bisa memasukkan barang ke dalam hidung sehingga nanti akibatnya menyebabkan mimisan.

Penyebab lainnya yang menjadi alasan terjadi mimisan pada anak adalah terbenturnya hidung pada benda keras. Proses benturan pada hidung ini bisa terjadi karena berbagai sebab, di antaranya tidak bisa dimungkiri karena aktivitas bermain yang berlebihan. Logikanya adalah jika dengan mengorek hidung berlebihan saja bisa menyebabkan mimisan, lantas akibat apa yang bisa disebabkan oleh benturan?

Faktor Mimisan Bukan dari Hidung

Penyebab mimisan pada anak tidak selalu mesti berkaitan langsung dengan organ hidung, namun juga bisa mengacu pada seluruh tubuh anak itu sendiri. Contoh, ketika anak merasa kelelahan otomatis kondisi tubuh, termasuk pembuluh darahnya juga akan mengalami pelemahan. Kondisi lemah seperti ini menjadi sebab utama terjadinya mimisan pada anak. Tanpa ada hubungan dengan hidung pun mimisan bisa terjadi.

Stress dapat dikatakan menjadi faktor utama kesehatan fisik dan psikis menurun. Bukan hanya perkara yang menjadi alasan orang dewasa merasakan sakit, namun stress juga ternyata bisa terjadi pada anak. Sebagai orang tua, Anda menjadi control langsung segala sesuatu yang terjadi pada anak. Apakah anak menjalani harinya dengan baik, entah itu di sekolah atau yang terpenting adalah di rumah. Demikian sebab kenapa terjadi mimisan pada anak.