Membuat Anak Senang Menyikat Gigi

Apakah anda pernah mengalami kesulitan saat anak menolak untuk menyikat gigi? Berbagai macam alasan dilakukan oleh anak anda dalam menghindari aktivitas yang satu ini. Padahal menyikat gigi merupakan aktivitas penting yang harus dilakukan, guna menjaga kebersihan mulut dari serangan kuman. Hal tersebut terkadang membuat anda bingung, bagaimana caranya agar anak tidak menolak menyikat gigi?

Alasan Anak Tidak Suka Menyikat Gigi

Sebelum anda mengetahui bagaimana cara ampuh untuk membiasakan kebiasaan yang satu ini, terlebih dahulu anda harus mengetahui alasan anak-anak tidak suka menyikat gigi. Berbagai macam faktor dapat mempengaruhi kemauan anak dalam membersihkan deretan gigi-gigi mungilnya, mulai dari tidak menyukai rasa pasta gigi, tekstur sikat gigi hingga tidak terbiasa melakukan aktivitas menyikat gigi.

  1. Tidak Menyukai Rasa Pasta Gigi

Seperti yang anda ketahui, pasta gigi saat ini mempunyai banyak variasi rasa yang dapat disesuaikan dengan keinginan anda. Alasan pertama mengapa anak sulit untuk menyikat gigi adalah tidak menyukai rasa dari pasta gigi yang digunakan, sehingga anda harus membicarakan hal ini kepada anak mengenai rasa apa yang anak favortikan.

  1. Tekstur Sikat Gigi

Tidak hanya rasa pasta gigi saja yang beragam, namun tekstur dari sikat gigi pun mempunyai tekstur yang berbeda. Karena pada masa pertumbuhan anak, gigi mereka masih rentan dan belum sekokoh gigi orang dewasa, maka disarankan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang halus. Hal tersebut dapat memberikan kenyamanan saat anak anda menyikat giginya.

  1. Tidak Terbiasa

Apakah anda tetap konsisten meminta sang buah hati untuk menyikat giginya? Atau justru karena anda sering mendapatkan tingkah anak yang selalu menolak untuk melakukan sikat gigi, sehingga anda membiarkan kebiasaan tersebut supaya tidak terus menerus memaksa anak? Padahal, ketika anda menerapkan cara yang benar, maka perlahan anak anda akan terbiasa untuk membersihkan giginya.

Cara Menyenangkan Mengajarkan Anak Sikat Gigi

Setelah anda mengetahui berbagai macam alasan anak selalu menolak untuk menyikat gigi, hal yang harus anda terapkan kepada anak adalah melalui cara menyenangkan untuk membersihkan gigi. Anda dapat melakukan aktivitas menyikat gigi bersama anak sembari menonton kartun, bersenandung ria hingga memberikan hadiah yang ingin anak peroleh setelah berhasil menyikat giginya dengan baik.

  1. Menonton Kartun

Kartun merupakan media hiburan yang mampu menyenangkan hati anak-anak ketika menontonnya. Tidak ada salahya mengajak anak anda menggosok gigi sambil menikmati tayangan kartun favoritnya.

  1. Bersenandung atau Memainkan Lagu Favorit

Mendengarkan lagu favorit merupakan hal yang menyenangkan dan dapat menaikan mood seseorang, tidak terkecuali anak anda. Maka dari itu, selain mendengarkan lagu, anda pun dapat bersenandung ria untuk meningkatkan suasana menyenangkan saat menyikat gigi.

  1. Memberikan Hadiah

Siapa yang tidak suka dengan hadiah? Ini merupakan cara terampuh untuk mendorong anak dalam melakukan berbagai macam hal yang pada awalnya tidak mereka sukai, salah satunya adalah menyikat gigi. Dengan memberikan hadiah, hal tersebut menjadi sebuah penghargaan yang terus menerus ingin anak anda lakukan.

Sekarang tidak ada alasan lagi untuk anak anda dalam menyikat gigi. Biasakan anak anda dengan membersihkan gigi minimal dua kali sehari untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena itu sangat penting sekali agar kuman tidak masuk dalam mulut.