anak cadel

Cara Agar Si Kecil Tidak Cadel

Problematika anak terbesar dalam segi pengucapan biasanya kesulitan mengatakan huruf R atau sering kita kenal sebagai fenomena cadel. Cadel ini sebenarnya tidak hanya kesulitan menyebutkan huruf R, namun juga bisa mengalami kesulitan menyebutkan huruf-huruf lainnya yang tidak terduga. Cadel biasanya terjadi pada anak karena konon pembentukan system pelafalan mereka belum sempurna.

Tapi, anehnya adalah tidak semua anak mengalami kesulitan dalam penyebutan huruf seperti R tersebut. Ada juga anak yang dengan lancarnya berbicara fasih meskipun sebagian anak tidak bisa atau kesulitan menyebutkan huruf R. Kalau begitu jika menghadapi anak yang sulit menyebutkan huruf R, solusi seperti apa atau pencegahan bagaimana yang seharusnya Anda lakukan sebagai orang tua?

Menerapkan Pelafalan Huruf R pada Kata dan Bunyi

Ibu bisa melatih anak supaya dia terbiasa mengucapkan huruf R dengan cara mencontohkan gerakan langsung kepada anak. Mudahnya, ajak anak untuk mengangkat bibir atas kemudian minta anak untuk mengangkat lidah ke langit-langit dan jangan dilepaskan. Dari sana Anda bisa memberikan pencontohan kepada anak untuk lama dalam mengucapkan huruf R, misal sebutkan rrrrrrr berkali-kali agar anak terlatih.

Ketika anak sudah mulai terlatih, dengan sendirinya ibu bisa langsung membawa pengucapan itu dengan menerapkan kata, seperti rambut, rabbit, rel kereta dan masih banyak lainnya. Latihan membunyikan rrrr juga bisa diterapkan pada penyebutan nama atau suara benda dan binatang tertentu. Misal, Anda bisa membantu anak melatih ucapan dengan brrr, brrrr untuk memberikan efek suara kedinginan.

Berlatih Menyanyi dan Mengunjungi Dokter

Siapa sangka ternyata lagu anak juga bisa menjadi salah satu latihan ampuh supaya anak mudah melafalkan huruf R. Sederhananya Anda seperti bermain, namun sebenarnya secara tidak langsung Anda menerapkan pembelajaran ucap pada anak. Misal, Anda bisa menyanyikan lagu Bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi, habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku.

Jika dirasa tidak bisa mengatasi cadel pada anak dengan beragam metode singkat seperti di atas mungkin ini saatnya bagi Anda untuk menemui dokter. Pasalnya tidak bisa dimungkiri memang bahwa peranan dokter bisa sangat membantu dalam pembentukan pengucapan yang benar pada anak. Sebenarnya ini bisa menjadi opsi terakhir, namun Anda tidak akan memiliki pilihan lain apabila memang tingkat kecadelan pada anak sudah sulit untuk dihadapi dengan beragam metode sederhana di rumah.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda terapkan dengan sendirinya ketika menghadapi kondisi anak yang cadel. Faktanya memang ada anak yang seiring berjalannya usia bisa dengan mudah mengucapkan huruf R. Namun, beberapa juga membutuhkan perhatian lebih seperti halnya berbagai cara di atas. Yang terpenting adalah sebagai ibu, Anda harus memiliki banyak wawasan demi membesarkan anak dengan baik dan menjadi pribadi baik.